Tele-ngoprek Singapore-Bogor KPLI Bogor 2008

Rasanya lain menulis artikel ini… sebab moment ini adalah sangat istimewa bagi saya dan rekan2 KPLI Bogor. Sebab kira2 seminggu lalu, kita melakukan kegiatan nekat yaitu Tele-ngoprek Singapore-Bogor dengan pembahasan Linux High-Avalability Cluster Failover. Sebenarnya tidak nekat2 amat, sebab kami merencanakan hal ini sekitar 2 bulanan, dengan mempersiapkan dan mentesting teknologi yang akan digunakan yaitu: teleconference menggunakan VOIP dan chatting, serta presentasi menggunakan media Video.

Sebenarnya apa latar belakang acara ini? Berawal dari kepergian saya ke Singapore sebagai TKI. Saya berpikir bagaimanakah caranya agar saya tetap dapat sharing kepada teman2 di Indonesia khususnya KPLI Bogor? Dari diskusi di milis kpli-bogor munculah ide nekat ini. Akhirnya kami pun melakukan perencanaan dan testing2. Terima kasih kepada teman2 yang telah bersedia begadang2 melakukan testing VOIP dan mendownload videonya.

Acara dilaksanakan pada:
Hari/Tanggal : Sabtu/13 desember 2008
Jam : 11:00 s.d. 13:00 WIB
Topik : Linux High-Availability Cluster
Presenter : Fajar Priyanto
Tempat Cibinong, Bogor : SMA PGRI 1 Cibinong,
Peserta : Pak Muhidin, Pak Bonni, Hendra*, Kaka*, Dicky*, Yusra, Utian, Pak Guru SMA PGRI 1 Cibinong (saya belum tahu namanya :D)
Tempat Singapore : Apartemen Pak Fajar Priyanto
Peserta Remote Lainnya : Arif (Serpong), Azharudin (Cianjur), Bpk. Udin (Jakarta), Pak Adrian Angka (Sukasari ya Pak?)
Dokumentasi Foto : Hendra
Special thanks to : Pak Muhidin yang telah menyediakan tempat dan fasilitas.

Pembahasan materi
Materinya adalah berupa presentasi dan demo Cluster Failover menggunakan dua buah server Centos5.2. Fungsi cluster menggunakan paket Linux-HA (http://linux-ha.org) dan DRBD (Distributed Replicated Block Device http://drbd.org). Jadi scenarionya adalah: Kedua server Centos itu menjalankan service LAMP (Linux Apache MySQL PHP) untuk website berbasis Joomla, dimana website ini akan terlindungi dari kerusakan salah satu servernya baik dari sisi file2 Apache ataupun database MySQLnya.


Presentasinya


Scenario Demonstrationnya


Para peserta serius tapi santai mengikuti demo Linux Cluster


Presentasi menggunakan Video dengan dipandu VOIP dan chatting dari Skype
Ada beberapa peserta dari luar Bogor juga mengikuti acara ini. Luar biasa kemajuan teknologi zaman sekarang.


KPLI Bogor memanfaatkan Facebook sebagai media alternatif berkumpulnya komunitas. Join Facebook, terus search aja Groups KPLI Bogor yah.


Video Presentasi Linux Cluster dapat ditonton di Facebook KPLI Bogor.
Seperti kata pepatah, sebuah gambar berbicara 1000 kata. Silahkan diputar Videonya.
Semoga bermanfaat.

Demikianlah artikel pandangan mata singkat ini. Kiranya juga seperti kata pepatah, "Dimana ada kemauan, disitu ada jalan". Seperti jarak 1000km Bogor-Singapore yang dapat kita atasi dengan menggunakan teknologi, asal ada kemauan, Indonesia akan Jaya!
Merdeka!

Singapore, 22 Desember 2008.
Fajar Priyanto
Pecinta Linux Indonesia yang sedang berpetualang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.