Koneksi intenet dengan network configurator

RedHat 5.1 telah menyediakan segala keperluan untuk network atau jaringan. Cara yang paling mudah mengkonfigurasi jaringan adalah melalui program netcfg yang berjalan di bawah X Window. Dengan menggunakan program tersebut sebenarnya komputer stand alone kita bisa menjadi client untuk koneksi ke internet dengan menggunakan PPP conection.

Pertama jalankan program netcfg untuk mengkonfigurasi jaringan. Selanjutnya muncul kotak dialog Network Configurator yang menampilkan informasi DNS bila sudah di konfigurasi sebelumnya. Bila masih kosong kerjakan langkah-langkah sebagai berikut:

Isi Hostname dengan nama tertentu
Isi Domain dengan nama domain ISP
Biarkan kotak isian Search for hostname in additional domains
Lanjutkan dengan mengisi Nameservers. Masukkan DNS server IP address yang diberikan oleh ISP (biasanya oleh ISP diberikan dua buah IP, primer dan sekunder)

Selanjutnya mengkonfigurasi PPP device. Pilih tombol Interfaces pada jendela bagian atas. Kotak dialog berikutnya akan ditampilkan seperti ini:

Pilih tombol Add untuk membuat interface baru, pada jendela dialog yang muncul pilih interface PPP dan klik Ok. Jendela Create PPP Interface akan muncul seperti ini:

Isi nomor telepon ISP
Lewati pilihan PAP authentication kecuali ISP membutuhkannya
Isi login name
Sebelum mengisi password, tengok kebelakang dan pastikan tidak ada orang lain ikut melihat password yang dimasukkan.
Setelah semua informasi PPP di masukkan, pilih tombol Customize. Kotak dialog Customize ini akan mengkonfigurasi hardware kita khususnya modem.

Untuk kotak Modem port, pilih sesuai konfigurasi yang dibuat dengan program modemtool. Bila belum mengkonfigurasi modem, jalankan saja program modemtool sekarang juga.

Setelah itu bisa di konfigurasikan yang lain, Communication, Networking atau PAP. Jangan lupa sebelum keluar selalu tekan tombol Save.

Sampai disini pekerjaan membuat koneksi PPP sudah selesai dan siap untuk memulai koneksi.

Memulai Koneksi ke ISP
Untuk mulai koneksi ke ISP sangatlah mudah, tinggal menjalankan kembali program netcfg, pilih Interfaces di bagian atas jendela, pilih ppp0 interface dan tekan tombol Activate (untuk memutuskan koneksi, tekan Deactive). Bila tidak ada kesalahan konfigurasi sebelumnya, modem akan segera bekerja.

Setelah koneksi terjadi, kita bisa membuka program internet seperti Netscape Communicator atau program client internet favorit. Selamat berinternet!

Flory Katreina

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *