Bekerja dengan Linux

Mungkin kita familiar dengan kata-kata Linux, Unix, RedHat, SuSe, Slackware dan sebagainya yang sekarang ini sering kita dengar kalau kita berbicara masalah Teknologi Informasi terutama Teknologi Internet. Kata-kata tersebut mungkin terkesan "wah" atau esklusif bagi orang-orang yang memang belum mengetahuinya. Apalagi terutama kalau kebetulan teman kita menguasai salah satu dari "kata-kata" diatas. Kita mungkin terkagum-kagum dengan teman kita itu, "wah jago bener nih.." itu mungkin yang sering terlintas dalam pikiran kita.
Apa bener teman kita itu jago banget 🙂 atau kita-nya yang males belajar sesuatu yang bisa dibilang tidak baru juga. Sebelum kita kategorikan Linux, kita coba cari tahu makhluk apakah yang namanya Linux itu?.

Secara garis besar Linux adalah sebuah sistem operasi komputer, yg sebelumnya kita mungkin sering pakai sistem operasi bernama windows, dos, mac dab sebagainya. Saya disini tidak ingin berbicara panjang lebar tentang Linuxnya, sudah banyak tulisan yg membahas tentang Linuxnya itu sendiri.
Linuxnya itu sendiri berbagai macam distronya. Distro?, Apakah distro itu?. Distro bisa kita sebut paket atau pemaketan, karena inti dari masing2x Linux (kernel) dari masing2x distro itu adalah sama, yang berbeda adalah cara atau bagaimana pemaketannya.
Banyak ragamnya distro Linux, diantaranya Red Hat, SuSe, Slackware, Mandrake, Debian juga tidak ketinggalan distro produk dalam negeri kita sendiri, seperti Trustik Merdeka, Software RI dan sebagainya. (Untuk pembahasan distro dalam negeri sudah dibahas di edisi sebelumnya).

Untuk mudahnya kita bagi dua kategori pemakain Linux, yaitu sebagai Server dan sebagai Wokstation. Mungkin ada juga yg menambahkan kategori Linux sebagai Mobile OS (karena Linux bisa diinstall di Ponsel, PDA dan juga Notebook).

Linux sebagai Server
Linux sebagai server sudah banyak kita dengar, karena rata2x kalau kita mendengar kata Linux maka identik dengan server. Memang tidak ada salahnya, karena sebagian besar server Internet yg dipergunakan sebagai Web Server berbasiskan Linux. Kenapa? Kenapa sebagian besar orang memilih Linux sebagai Web Server?. Mungkin akan kita bahas lain kali.
Untuk sekarang kita membahas Linux sebagai Workstation

Linux sebagai Workstation
Kalau kita melihat tema paragrap diatas, Linux sebagai Workstation, diantara kita pasti ada yg menjawab "Mana mungkinnnnnn….!!!!" 🙂 Ya jawaban seperti itu tidak aneh kalau kita dengar dan bagi orang2x yang belum mengenal begitu jauh tentang Linux. Kalau saya bilang bekerja dengan Linux -dalam arti sebagai workstation -adalah mungkin sekali. Semua aplikasi yang biasa kita pergunakan – di sistem operasi lain -sehari hari, kebanyakan sudah ada versi Linuxnya. Yang membedakan mungkin vendor pembuatnya, dan yang asyiknya adalah kebanyakan berlisensii GPL (General Public License) alias GRATIS!!! untuk di download dan dicoopy ulang..

Sekarang kita lihat aplikasi-aplikasi apa yang -menyentuh -kehidupan kita sehari hari:
Aplikasi Office seperti pengolah kata, pengolah tabel, modul presentasi, dan lain-lainnya
Sudah ada semua dalam Linux yaitu Star Office atau juga Open Office yang juga bisa kita download gratis tanpa takut disebut pembajak 🙂
Oh iya, jangan takut.. semua ini adanya dalam modus grafik bukan dalam modus teks. Seperti yang kita ketahui ada beberapa diantara kita yang beranggapan bahwa Linux itu isinya teks semua. Anggapan tersebut tidak sepenuhnya keliru, karena kalau kita pergunakan Linux sebagai Server kita tidak butuh modus grafiknya. Tetapi untuk workstation pasti kita butuhkan modus grafik, yang bisa kita pasang saat penginstallannya. Modus grafik itu biasa disebut X Windows
Aplikasi lain seperti aplikasi2x internet, email reader, web browser, dial up connection banyak macamnya di Linux missal Kmail dan Ximian untuk email client/reader, Konqueror, Mozilla, Netscape, Opera untuk web browser.
Memutar video ? mp3 ? jangan khawatir kita bisa menginstall XMMS mp3 player, Xine untuk vcd player bahkan real player (salah satu aplikasi untuk memutar live streaming) sudah ada dalam beberapa distro yang ada. Dan itu semua Anda dapat temukan dalam CD installer Linux.

Bekerja dengan linux
Dari penjelasan diatas rasa-rasanya tidak ada yang menahan kita untuk berpindah menggunakan Linux sebagai "teman kerja" Anda. Apapun profesi Anda Linux siap menunjang Anda dengan aplikasi2xnya yang sudah mulai dikembangkan oleh vendor2x besar, seperti Star Office oleh Sun, Corel Photopaint oleh Corel Inc.
Pasti akan timbul pertanyaan, "Gimana nih, saya khan biasa ngedesain gambar memanipulasi image dan sebagainya termasuk ngerender 3D.. kalau aplikasi2x gitu ajah sih.. paling cuman sekretaris yang pake…!!!" He hehehe.. jangan khawatir untuk Anda para yang bersuara seperti diatas ada pemecahannya. Kita bisa pakai The Gimp untuk mengolah gambar selain itu kita juga bisa menggunakan Corel Photopaint. Untuk aplikasi 3D kita bisa gunakan Maya.
Dan semuanya itu bisa kita download dari internet secara gratis tanpa melanggar hak cipta.

Sebagai gambaran, penulis yang sehari2xnya bekerja sebagai Web Developer mau tidak mau pasti berhubungan dengan yang namanya pengolahan gambar, teks editor dan sebagainya. Memang pada mulanya butuh penyesuaian, tetapi kita kan bisa karena biasa.
Penulis sendiri menggunakan distro SuSe 8.0, KDE untuk modus grafiknya, The Gimp untuk pengolahan gambarnya, dan KATE untuk teks editornya serta Star Office untuk aplikasi Officenya.

Beralih ke Linux
So…. Tunggu apa lagi ? kenapa kita ragu2x untuk berpindah ke Linux?. Butuh support ? di Indonesia sendiri sudah mulai banyak kelompok2x penggemar Linux yang tergabung dalam KPLI yang tersebar dari sabang sampai merauke, Yayasan Linux Indonesia, dan sebagainya.
Butuh support cepat ? tinggak connect ke internet dan buka aplikasi Internet Relay Chat (di Linux ada Kvirc atau BitchX) dan join dengan network dal.net dan gabung dengan channel #indolinux.. 🙂 disitu tempat anak2x "maniak" Linux "nongkrong". Ada kesulitan? Jangan segan2x bertanya, karena pasti dijawab oleh salah satu dari mereka, bahkan Andapun bisa "nongkrong" di channel tersebut untuk hanya sekedar ngobrol sana sini tentang Linux… 🙂
Pakai Linux??? Siapa takuttttt………………………. 🙂

Bi[G]
Ady Permadi, IT Profesional yang bekerja dengan Linux

Artikel ini dedikasikan untuk para Linuxers yang sering "nongkrong" di channel #indolinux dal.net (sekarang efnet.net) yang tidak bisa disebutkan satu persatu.

Contoh screenshots:
http://www.arinet.org/download/mydesktop_with_dual_monitor.jpg
http://www.arinet.org/download/ximian_evolution_email_client.png
http://www.arinet.org/download/ximian_evolution_email_client_default.png

Note: Terima kasih Oom Bi[G]. Beliau ini adalah juga salah seorang sesepuh channel #indolinux.

Leave a Reply

Your email address will not be published.